Pengaruh Globalisasi Terhadap Kebudayaan Indonesia

Manusia telah dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan akal, pikiran, dan kemampuan intelektual. Perkembangan akal pikiran manusia menghasilkan kebudayaan yang menjadi identitas setiap masyarakat. Berkembangnya kebudayaan pada masyarakat yaitu untuk memenuhi tuntutan hidup dan tantangan lingkungan yang menyediakan sumber daya.

Seiring dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi ini, kehidupan mengalami perubahan yang sangat cepat, termasuk perubahan dari segi budaya. Dalam era globalisasi sekarang ini, pengaruh budaya dan masyarakat lain tidak dapat dihindarkan lagi. Lambat laun kita akan melakukan perubahan, karena manusia adalah makhluk sosial yang harus berinteraksi dengan individu lain. Perubahan yang terjadi merupakan wujud nyata bahwa kita memang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan masyarakat lainnya.

Globalisasi dapat dikatakan sebagai proses yang mendunia. Globalisasi berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan, termasuk budaya. Hal ini tentu memberikan dampak positif dan juga negatif. Pengaruh globalisasi akan berdampak positif jika kita mampu menyaring terlebih dahulu unsur-unsur budaya lain yang masuk ke Indonesia, sehingga membantu kita menuju ke arah yang lebih baik. Kita dapat meniru pola berpikir yang baik, seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang sudah maju. Hal ini dapat meningkatkan kemajuan bangsa Indonesia dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa.

Selain itu, globalisasi akan memberi dampak negatif apabila penyerapan unsur budaya dari luar sangat cepat tanpa melakukan proses seleksi, sehingga menyebabkan mutu dan kualitas hidup masyarakat menurun. Hal yang akan terjadi adalah hilangnya budaya asli suatu daerah atau suatu negara, terjadinya pengikisan nilai-nilai budaya, menurunnya rasa nasionalisme dan patriotisme, hilangnya sifat kekeluargaan dan gotong royong, kehilangan kepercayaan diri, dan pola hidup masyarakat yang mengikuti budaya barat. Fenomena anak melawan kepada orang tua, perkelahian antarpelajar, mode pakaian yang tidak sesuai, dan pemakaian perhiasan wanita oleh laki-laki merupakan perilaku menyimpang sebagai dampak negatif dari era globalisasi.

Menolak globalisasi bukanlah pilihan tepat, karena itu berarti menghambat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akan tetapi perlu kecerdasan dalam menyaring efek globalisasi. Di dalam melakukan suatu perubahan, kita harus memiliki sikap kritis. Sikap ini sangat penting untuk dimiliki karena dapat menghindarkan diri dari efek-efek yang merugikan. Sikap kritis pertama yang harus kita miliki adalah selektif. Artinya, perubahan yang akan dilakukan harus benar-benar dipilih dan diupayakan agar tidak bertentangan dengan nilai-nilai budaya yang telah ada di masyarakat. Kemudian sikap kritis kedua adalah rasional. Sikap ini dapat diperoleh melalui pengetahuan, dengan cara membaca atau berdiskusi dengan orang lain. Hal tersebut dapat menambah pengetahuan dan menguatkan alasan atau sikap rasional kita ketika melakukan kritik terhadap suatu perubahan. Sikap kritis yang ketiga adalah toleransi. Sebaiknya keragaman budaya yang dimiliki oleh masyarakat, kita anggap sebagai suatu kekayaan yang tidak ternilai harganya. Untuk itu, sikap toleransi perlu dikembangkan untuk mencegah timbulnya konflik antarmasyarakat. Kemudian sikap kritis yang terakhir adalah berpartisipasi dengan perubahan yang ada agar kita tidak tertinggal dan salah arah.

Budaya bangsa Indonesia memiliki ciri khas dan makna yang begitu mendalam,yang tidak dimiliki oleh bangsa lain di seluruh penjuru dunia. Oleh sebab itu, sebagai generasi muda, yang merupakan pewaris budaya bangsa, hendaknya memelihara segala macam yang terdapat didalam kebudayaan kita yang luhur, serta menjadikan kebudayaan sebagai jati diri kita.

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s