Shaf Kita Masih Renggang!

Kemirisan yang sering ditemui ketika pelaksanaan sholat Ied yaitu shaf atau barisan antar jamaah yang renggang satu sama lain. Penyebabnya yaitu banyak jamaah yang ‘berlomba’ membawa sajadah lebar. Sajadah lebar ini lebih berpeluang untuk menanamkan rasa egois umat muslim, karena dengan mudahnya iblis masuk dalam barisan sholat, juga leluasa menggoda manusia dalam sholatnya. Nabi Muhammad SAW pernah memperingatkan para sahabat agar menutup celah-celah di antara shaf sholat berjamaah mereka dengan saling berdekatan satu sama lain antara mereka, dan beliau bersabda:

Rapatkanlah shaf-shaf kalian, saling berdekatanlah, dan luruskanlah dengan leher-leher (kalian), karena demi Dzat yang jiwaku berada di dalam genggamannya, sesungguhnya aku melihat setan masuk dari celah-celah shaf seakan-akan dia adalah kambing kecil.

(HR Abu Dawud)

Keegoisan perlahan muncul tanpa disadari, dapat dilihat dari jamaah-jamaah yang terkesan enggan menempelkan sajadah mereka masing-masing, salah satu alasannya terdengar klasik, yaitu tidak saling mengenal. Lalu kenapa kalau tidak saling mengenal?

Selain renggang, shaf jamaah pun tidak lurus dan tidak rapi. Padahal kita semua tahu bahwa shaf yang rapi adalah salah satu kesempurnaan sholat. Nabi Muhammad SAW pernah memperingatkan:

“Hai hamba-hamba Allah, kalian benar-benar meluruskan shaf kalian (jika tidak) Allah akan (menimbulkan perselisihan) di antara wajah-wajah kalian.”

(HR Muslim dan Ahmad)

Perselisihan antara wajah dapat juga diartikan sebagai munculnya perbedaan cara pandang umat Islam dalam berbagai hal. Dan yang mengkhawatirkan, secara jangka panjang hal ini dapat mengakibatkan terjadinya perpecahan di tengah tubuh ummat Islam. Astagfirullahal adzim. Masalah kerapihan shaf sholat berjamaah di banyak masjid di negeri kita -bukan hanya saat sholat Ied- tampaknya sudah kronis. Mungkinkah ini yang menyebabkan sulitnya kita ummat Islam dapat bersatu menghadapi musuh-musuh Islam dewasa ini?

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s