Akhir Tak Berawal

Tibalah aku di gerbang perpisahan dengannya. Saat yang kuulur-ulur dan berharap tak pernah kutemui akhirnya tiba. Baginya mungkin hanya setahun perjalanan, tapi waktu yang kuhabisi menuju dua tahun. Tak ada yang tahu, dan kupastikan dia tak ingat, juga peduli. Haruskah kusampaikan selamat tinggal? Atau selamat jalan saja? Ah, kedua frasa itu tetap berarti sama, perpisahan. Dan jarak yang semakin menjauh, aku benci.

Takkan kudengar lagi gaung suaranya. Tak mungkin kusimak lagi canda cerianya. Kini tak ada hak bagiku untuk mencampurtangani kesulitannya. Lalu aku harus bersikap tak peduli karena semua telah selesai. Salahkah jika aku menyalahkan waktu yang terlalu memburu? Meski langkah telah kuperlambat, namun detik ini terus menarik maju. Dan di sinilah aku berada, diam dengan air mata tertahan. 

Aku menyimpan banyak kenangan tentang dia. Setiap pijakan langkah dengannya pun kuhapal dengan jelas. Semua peluh dengannya kurekam sempurna. Lalu, bagaimana dengannya? Sedikit saja pun tak pernah ia simpan memori manis bersamaku. Pijakan langkah denganku hanya sebatas berbekas di jalan berdebu. Lelah denganku hanya berakhir sebagai hal yang tak penting dikenang. Aku selalu ada, tapi dia tak pernah benar-benar melihatku. Ini terlalu menyedihkan, kesepihakan ini terlalu menyakitkan.

Baiklah, dengan berat hati kuucapkan selamat berpisah. Izinkan aku merelakannya dengan utuh, maka kuharap sosoknya menjadi satu hal yang sulit kutemui lagi. Ku berdoa akan kebahagiaanya bersama perempuan-yang-tak-ingin-kutahui. Selamat tinggal, inilah akhir tanpa awal.

#p.s. : Nomormu telah kuhapus, sayang aku terlanjur hapal. Aku akan pura-pura lupa, lalu berharap benar-benar lupa.

goodbye, you
22,10,13
Leave a Comment

