Biarkan Semuanya Mengalir Sebelum Hilang

Banyak hal yang tidak dapat diganggu gugat. Tidak sedikit pula aku jumpai kata tak bertapi. Kadang semua hal lebih baik dibiarkan berjalan apa adanya. Tak perlu memaksa terlalu keras, tak perlu menuntut terlalu banyak. Biarkan semuanya mengalir, karena arah yang tepat bisa saja terlewati tanpa disadari. Lalui saja, meskipun perjalanan ini kadang menyakitkan, meski setiap satuan langkah kadang melukai, yakin saja bahwa sang obat telah menunggu di suatu persimpangan.

Begitupun aku bersama kisah cinta menyedihkanku. Akhir-akhir ini aku meneriakkan dalam hati tentang perpisahan dengannya. Berusaha keras untuk mengucap selamat tinggal dengan kepala terangkat. Belajar tentang arti rela yang sesungguhnya. Mengungkit makna silakan yang seutuhnya. Memaksa lupa dengan perasaan yang ditanam hampir dua tahun ini. Menyeret senyum saat lambaian terakhir padanya.

Kini aku mengerti. Semua rentetan hal itu terlalu melelahkan juga melukai saat dilakukan di satu waktu yang sama. Dua tahun perjalanan terlalu mustahil dilupakan begitu saja. Dua tahun pengharapan terlalu tak mungkin dihempaskan sekejap saja. Dua tahun doa rahasiaku terlalu tak masuk akal kuakhiri seenaknya sebelum kuuntai kata aamiin.

Kukira, dengan cara melupakannya aku dapat mengobati luka sendiri. Sayang, itu tidak tepat. Ternyata, melupakan dan mencintainya sama-sama tidak membuatku lebih baik. Keduanya sama saja mengundang rindu yang tak tahu waktu. Keduanya sama saja merekam memori yang tak dapat dihapus.

Jadi, aku akan tetap mencintainya seadanya. Sekedarnya. Seperlunya. Jika melupakan tidak membuatku lebih maju, kenapa aku harus melupakan?

30,10,13

Leave a Comment

