Menulis Itu… Terapi

Belakangan ini saya mulai tertarik dengan dunia literasi baru, yaitu menulis. Awalnya saya memang suka membaca fiksi, itu pun tidak rutin. Tapi sekarang setelah semakin banyak fiksi yang saya baca, muncullah ketertarikan baru di bidang tulis-menulis.
Awalnya yang saya tulis total curhat, dan setelah bergabung di salah satu komunitas tulis menulis, saya tahu bahwa sebuah tulisan tidak hanya cukup dengan curhat atau mengeluarkan semua emosi dan perasaan. Tetapi dibutuhkan juga setting, penokohan, alur cerita, dan lain-lain agar tulisan dapat menjadi sebuah cerita yang utuh. Jadilah sekarang saya menulis tidak hanya sekedar curahan hati a.k.a curhat.

Selain itu, saya mulai mencoba menulis hal-hal yang ingin diungkapkan dari sudut pandang orang lain. Tidak hanya cerita yang saya tulis, puisi juga saya tulis untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas saya dalam mengukir rima. Saya pun mulai lebih kritis menanggapi semua kejadian-kejadian yang saya lihat, dengar, dan rasakan.

Saya senang menulis, tapi cita-cita besar saya untuk sekarang bukanlah menjadi seorang penulis. Menulis sudah menjadi hobi saya, karena sepertinya ada yang kurang ketika satu hari saya lewatkan tanpa menulis apapun. Menulis buat saya seperti terapi. Saat saya marah, kesal, sedih, dan kecewa, saya menuangkan semuanya dalam tulisan. Dan aneh, karena hasil tulisan yang saya buat ketika marah ternyata tidak meluap-luap apalagi mengeluatkan sumpah serapah (naudzubillah). Begitupun tulisan yang saya buat ketika kecewa, ternyata tidak menumpahkan keputusasaan berlebih.
Justru saat saya baca ulang, saya menemukan jalan keluar dari masalah yang saya hadapi, motivasi dari kekecewaan yang saya alami, penenang dari kemarahan yang saya rasakan, dan penguat dari kesedihan yang kadang sering muncul.

Setelah tulisan selesai, kemarahan, kekecewaan, dan kesedihan perlahan dan sedikit demi sedikit berkurang. Itulah mengapa saya menjadikan menulis sebagai terapi 🙂

Image

Sumber gambar : http://www.deviantart.com/art/Writing-on-Windows-77253620

Leave a Comment

