Silakan Menyudahi

Inilah maksud dari frasa, “ini diudahin aja ya, teh…” yang kamu sampaikan. Ternyata maksud ‘sudah’ yaitu benar-benar sudah, yang artinya kamu ingin berhenti. Mungkin kamu lelah. Padahal aku pun sama. Kamu bingung mengungkapkan semua perasaan yang ada dipikiranmu. Dan kamu nyatakan bahwa semua ini salah. Ya, memang salah! Karena perasaan itu harusnya bersemayam di hati. Pikiran tak perlu mengambil alih tempatnya.

Jika kamu lelah, aku pun sama. Aku lelah mengartikan bahasamu. Bahasa lisan dan kalbumu. Frasa yang kamu gunakan selalu bermakna konotasi. Aku yakin, pujangga pun akan sulit menangkap makna yang terkandung di sana. Lalu, aku yang bukan pujangga, yang bukan ahli tata bahasa, mana mungkinlah aku paham tujuanmu. Sehingga pada akhirnya aku hanya sibuk menerka-nerka, sibuk menduga-duga.

Kemudian kini, kamu bilang ingin menyudahi kelelahan yang melelahkan ini. Harusnya diksi ‘menyudahi’ hanya digunakan jika ada diksi ‘memulai’ sebelumnya. Sedangkan ini, menyudahi apa? Memang apa yang telah kita mulai? Kamu bahkan belum berani memulai apa pun denganku.

Jika kamu ingin menyudahi hal absurd ini, aku pun sama. Jika makna ‘sudah’-mu berarti memang ‘sudah’… tidak denganku. Aku memang lelah dengan keambiguan ini, maka aku ingin kamu menjelaskan sejelas-jelasnya. Yang seharusnya kamu pilih bukannya ‘menyudahi’, melainkan ‘menjelaskan’. Setelah itu, kita bisa memilih kata ‘mulai’ berdua, dengan hati yang menggenggam satu sama lain.

Tapi, jika ‘sudah’ merupakan pilihan terakhirmu, baiklah… aku tidak berhak menghalangi, apalagi melarang. Aku tidak berhak mempertahankan suatu hal yang hendak disudahi. Jadi, ya sudah. Silakan menyudahi.

Leave a Comment

