Penawar Masa Lalu

Aku temukan satu nama di suatu malam itu. Bukan tak disengaja, melainkan jari-jari ini terlalu lihai menemukan namanya, dia yang sempat kamu ceritakan. Dada terasa sesak, entah kenapa. Cemburu barangkali. Lucu sekali, bagaimana bisa. Kuperhatikan lekat-lekat parasnya. Tentu saja manis, cantik, dan menarik. Kuperhatikan biodatanya, dapat kusimpulkan dia pintar dan pasti berasal dari keluarga terhormat. Meskipun banyak alasan untuk mencintai sosoknya, tapi aku tahu cintamu itu tak beralasan, bukan? Beruntung sekali jadi dia.

Bagaimana hatimu sekarang? Masih terselip rindukah untuknya? Jangan-jangan masih ada harap untuk satu-dua pertemuan atau bahkan harap kebersamaan. Masih patahkah hatimu sekarang? Jangan-jangan kamu masih mengikuti setiap kegiatannya, mencari tahu kemudian patah lagi untuk setiap sapaan sayang yang ditujukan bukan untukmu. Mungkin rindu masih bergejolak di dadamu, masih memenuhi ruang-ruang di otakmu. Adakah rindu jika tidak ada perasaan yang mendalam dan penuh kesan?

Aku sarankan, menataplah ke depan, masa depan. Saat kamu berhasil menemukan seseorang di masa depanmu mestinya kamu bisa menerimanya dengan utuh. Masa depanmu tak ingin dijadikan sebagai pengganti siapapun dalam kehidupanmu, tidak. Kamu harus paham, tidak ada satu pun manusia yang diciptakan sepenuhnya sama. Kamu tak bisa menggiringnya untuk menjadi seperti sosok masa lalumu. Mungkin caranya mencintaimu takkan sama. Tapi kamu harus paham, siapa pun dia, ketika sudah amat cinta, dia pasti akan melakukan yang terbaik sesuai kemampuannya. Dia pasti akan memperjuangkan yang terbaik sesuai kekuatannya, tapi kamu juga harus mengerti, mungkin hasilnya berbeda. Ya, setiap orang memiliki versi terbaiknya masing-masing. Kamu takkan pernah bisa mengganti sebuah kenangan, tetapi setidaknya kamu bisa membangun kenangan baru.

Jadi, selamat mencari dia yang baru untuk masa depanmu. Namun, jika aku yang kamu temukan di perjalanan pencarianmu, maukah?

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s