2 States: The Story of My Marriage

Judul buku: 2 States: The Story of My Marriage
Penulis: Chetan Bhagat
Penerjemah: Marcalais Fransisca
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun: 2013
ISBN: 978-602-7888-78-4
Jumlah halaman: vi + 482 hlm

2 States merupakan novel karya Chetan Bhagat kedua yang saya baca setelah Revolution 2020. Novel ini tak kalah menarik dari Revolution 2020. Jika Revolution 2020 bercerita tentang cinta, korupsi, dan ambisi, 2 States bercerita tentang cinta dan perjuangan untuk dapat menaklukan hati kedua pihak keluarga agar pernikahan tak hanya sekedar mimpi bagi mereka.

Cerita ini berawal ketika Krish dan Ananya bertemu di kampus IIMA untuk melanjutkan jenjang S2 di bidang manajemen. Krish adalah mahasiswa lulusan institut teknik terbaik di India, ia seorang lelaki yang cerdas meskipun bidang yang ditekuninya kini berseberangan dengan jurusan yang ia ambil sebelumnya. Hal inilah yang menciptakan kedekatan antara Krish dengan Ananya dalam kegiatan belajar bersama. Kebersamaan tersebut membuat Krish jatuh cinta pada Ananya yang cantik dan menjadi incaran banyak pria itu. Diam-diam ternyata Ananya pun menaruh hati pada Krish. Setelah mereka mengungkapkan perasaan masing-masing, mereka pun memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih dari sekedar teman.

Mereka terlihat seperti pasangan yang sempurna. Akan tetapi tembok besar masih menghalangi mereka. Mereka berasal dari keluarga dengan latar belakang budaya yang berbeda. Krish lahir dan tumbuh di Delhi, India Utara, dari keluarga Punjabi. Sedangkan Ananya berasal dari Chennai, India Selatan, dengan klan Tamil Brahmin yang kental. Di sana, pernikahan lintas budaya merupakan hal yang tabu dan sangat dihindari.

Di India, untuk mewujudkan suatu pernikahan, tak cukup seorang perempuan dan laki-laki yang saling mencintai, akan tetapi keluarga perempuan harus menyukai si laki-laki. Begitupun sebaliknya, keluarga laki-laki harus menyukai si perempuan. Kemudian tak cukup sampai di situ, kedua keluarga tersebut pun harus menyukai satu sama lain, barulah pernikahan dapat dilaksanakan.

Hari wisuda pun tiba, mereka mencoba untuk memperkenalkan kedua keluarga satu sama lain. Akan tetapi, kesan pertama yang buruk justru terjadi saat itu juga. Setelah mengetahui bahwa mereka berasal dari negara bagian yang berbeda, kedua keluarga terang-terangan menolak hubungan tersebut, bahkan saling menjatuhkan keluarga satu sama lain

Setelah lulus dan mendapat gelar M.B.A, mereka mendapatkan pekerjaan sebagai manajer dengan gaji menggiurkan. Ananya bekerja di Chennai, kota kelahirannya. Krish yang telah diterima sebagai Customer Service Manager di Citibank, memutuskan untuk bekerja di kantor cabang yang berada di Chennai pula, dengan tujuan mendekatkan diri dengan Ananya dan keluarganya.

Bagian yang paling menarik dari cerita ini yaitu saat Krish dan Ananya harus melalui berbagai aral melintang untuk memperjuangkan cintanya. Krish berusaha dan berkorban banyak demi meluluhkan hati keras kedua orang tua Ananya. Begitupun Ananya yang harus memenuhi segala tuntutan dan menerima hinaan dari ibu Krish.

Menurut saya, Chetan Bhagat berhasil membuat cerita yang benar-benar mengalir, sehingga pembaca tidak jenuh membaca buku setebal empat ratusan halaman tersebut. Selain itu, beberapa bagian cerita berhasil mengejutkan dan menyentuh sisi emosional pembaca. Dengan membaca buku ini, pembaca dapat belajar dan mengetahui tentang kebudayaan di India,  khususnya tentang pernikahan.

Saya memberikan bintang 4/5 untuk novel ini. Karena novel ini tetap memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya yaitu terdapat banyak sekali istilah berbahasa India yang digunakan dan harus ditambahkan footnote untuk memberi keterangan istilah tersebut, sayangnya ketika istilah tersebut diulang-ulang kembali di halaman atau bab selanjutnya, saya sebagai pembaca sudah lupa arti dari istilah tersebut karena tidak disisipkan lagi footnote.
Selain itu, di beberapa bagian terdapat perpindahan setting yang kurang rapi dan terkesan terburu-buru dalam menulis cerita. Akan tetapi secara keseluruhan, saya mengacungi jempol untuk cerita dan penokohan yang berhasil dibuat Chetan Bhagat.

Dari novel ini, saya mengambil pelajaran bahwa cinta harus dipertahankan dan diperjuangkan oleh kedua belah pihak. Selain itu, sesulit apapun melunakkan hati orang tua, jika Tuhan mengizinkan maka tidak ada yg mustahil, dan sekeras apapun sifat orang tua, mereka tetap menyayangi anaknya serta ingin anaknya memperoleh kebahagiaan. Pernikahan yg indah bukan hanya melihat sepasang pengantin yg tersenyum mesra, melainkan menyaksikan kedua pihak keluarga yg turut haru bahagia, karena menikah bukan hanya mempersunting pasangan kita, melainkan menikahi orang tuanya, keluarganya, bahkan segala kekurangan dan kelebihannya. (Dewi Rahayu Hambali)

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s