Sampai Jumpa, Ramadhan

Ramadhan-Mu tak terasa telah berakhir. Sedari malam hingga pagi tadi, takbir saling bersahutan, mengagungkan-Mu. Ramadhan tahun ini benar-benar tidak biasa. Banyak ujian dan keadaan yang mengharuskanku untuk menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Mengawali beberapa hari pertama Ramadhan di rumah sakit bukan hal yang mudah sebenarnya, namun itu caraku menjalankan peran sebagai seorang anak. Ditambah lagi aku juga masih punya kewajiban sebagai mahasiswa untuk mengakhiri semester 6 dengan mengikuti UAS. Allah pasti punya rencana dengan memberikan semuanya di waktu yang bersamaan.

Kemudian hari-hari berlanjut dengan merawat bapa di rumah dan mengantar bolak-balik ke rumah sakit. Menyaksikan wajah pucat bapa adalah hal yang paling membuatku pilu. Meskipun dokter-dokter mengabarkan hal buruk pada bapa, ia tetap memilih untuk bertahan dan dan berusaha kuat melawan penyakitnya. Itulah yang membuat aku kuat juga.

Menjelang akhir Ramadhan, aku akhirnya bisa membuat ia tersenyum cerah dengan mendengar berita hasil kerja kerasku di semester 6. Alhamdulillah. Banyak hal yang terasa berat untuk dipikul, namun Allah tetap Membantuku untuk bangkit tanpa mengeluh, dan pada akhirnya aku bisa memikul dan melewatinya. Ujian ini tak sebanding dengan ujian Palestinian yg berjuang di sana, semoga mereka dilindungi. Aamiin.

Terima kasih Allah, sebenarnya semua ini indah, hanya kadang mulutku terkunci untuk bersyukur. Terima kasih, karena tak ada nikmat-Mu yang mesti aku dustakan.
Allah, berilah kesempatan untukku menikmati Ramadhan-Mu yang selalu dipenuhi berkah bersama orang-orang terkasih ini. 🙂

Advertisements

3 thoughts on “Sampai Jumpa, Ramadhan

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s