Nilai (Bukan) Penjamin Masa Depan

Banyak yang bilang, nilai tinggi seseorang di masa sekolah atau kuliah tidak menjamin keberhasilan seseorang di masa depan. Ya memang begitulah, saya pun setuju. Buktinya banyak tokoh atau pun pengusaha yang bisa berhasil dibandingkan para pemburu nilai A+. Dengan nilai yang tidak begitu bagus bahkan latar belakang pendidikan yang minim, mereka mampu mendulang pundi-pundi rupiah (hingga dollar). Namun yang perlu digarisbawahi adalah kerja keras yang mereka lakukan. Karena aku yakin keberuntungan tidak semata-mata hadir tanpa kerja keras yang mendahuluinya.

Meskipun begitu, aku tetap berusaha untuk mendapatkan nilai terbaik di masa kuliah yang sedang kujalani ini. Memang nilai yang aku raih ini belum bisa menjamin masa depanku, namun inilah caraku bersyukur karena telah menjadi orang beruntung yang bisa menikmati suka dukanya menuntut ilmu di bangku kuliah. Berusaha keras mendapat nilai baik bisa dijadikan pemanasan agar terbiasa berusaha keras di mana pun kita berada dalam kondisi apa pun. Tidak semua orang dapat duduk sebagai mahasiswa, maka aku yang beruntung ini tidak sepantasnya menyianyiakan peran ini sedangkan banyak orang yang berebut ingin menjadi mahasiswa juga. Maka dari itu, aku berusaha keras untuk melakukan yang terbaik selama aku bisa. Setidaknya, ini caraku membuat bangga orang tua, membalas jasanya yang tak terbalas sedikit demi sedikit dengan kebahagiaan. Sebab aku belum bisa memberikan materiil, maka aku memberikan yang bisa aku berikan saja.

Penjamin masa depan bukanlah nilai, melainkan usaha dan kerja keras. Kita tidak perlu khawatir akan masa depan, asal kita berjanji untuk selalu berusaha dan bekerja keras, juga bekerja cerdas. 🙂

Leave a Comment

